10 Kuliner Khas kota Bandung

Kuliner
Kuliner adalah hasil olahan yang berupa masakan. Masakan tersebut berupa lauk-pauk, makanan (penganan) dan minuman. Karena setiap daerah memiliki citarasa tersendiri, maka tidak heran jika setiap daerah juga memiliki tradisi kuliner yang berbeda-beda. Di sini saya cuman menampilkan  kuliner yang paling terkenal diantara yang lainnya. Mungkin kamu yang dari luar kota Bandung ada yang ingin tau kuliner apa saja sih yang bisa ditemui di Bandung dan tentunya asli dari Bandung. Maka dari itu sekarang saya coba posting 10 Kuliner Khas Kota Bandung yang bisa menjadi referensi kamu ketika liburan ke kota Bandung.

1. Batagor Bandung
Batagor atau Bakso Tahu Goreng adalah kuliner paling popular di Bandung, hampir disetiap sudut-sudut keramaian kota Bandung ada penjual batagor baik pedagang kaki lima maupun toko.
Batagor Made in Bandung

2. Cilok Bandung
Cilok atau orang sunda bilang yaitu aci di colok adalah makanan khas sunda. cilok di buat dari bahan yang sangat sederhana yaitu hanya aci saja yang di rebus dengan air sampai matang, kemudian dikasih dengan bumbu saus atau bumbu kacang sebagai bumbu penyedapnya.

Cilok Made in Bandung

3. Cimol Bandung
Cimol atau orang sunda bilang yaitu aci di gemol (kunyah) adalah makanan khas sunda. Cimol hampir sama dengan cilok di buat dari bahan yang sangat sederhana yaitu hanya aci saja cuman perbedaannya adalah kalo cilok di rebus dengan air sampai matang sedangkan cimol cara pembuatannya di goreng, memang awalnya aci di rebus terlebih dahulu akan tetapi jangan terlalu matang saat proses merebusnya, kemudian untuk soal bumbu cimol di kasih dengan bumbu saus atau bumbu kacang sebagai bumbu penyedapnya atau bisa dengan di kasih garam saja cimol sudah bisa siap untuk di makan.

Cimol Made in Bandung

4. Combro Bandung
Combro atau kadang kependekan dari oncom di jero (bahasa Sunda (Namun nama tradisionalnya combro bukan comro), artinya: oncom di dalam, begitu juga halnya dengan gemet merupakan kependekan dari dage saemet artinya dage di dalam yang artinya kurang lebih sama. karena itulah dinamai combro, Combro merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Combro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng, Makanan ini lebih enak disantap saat masih hangat. 

Combro Made in Bandung

5. Misro Bandung
Misro sebenarnya hampir sama dengan combro cuman bedanya misro atau kadang kependekan dari amis di jero (bahasa Sunda), artinya : manis di dalam, Misro merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Misro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat yang bagian dalamnya diisi dengan gula merah yang di lelehkan kemudian digoreng, Makanan ini lebih enak disantap saat masih hangat.

Misro Made in Bandung

6. Karedok Bandung
Karedok atau keredok adalah makanan khas daerah di Indonesia. Karedok dibuat dengan bahan-bahan sayuran mentah antara lain; ketimun, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.

Karedok Made in Bandung

7. Mie Kocok Bandung
Mie Kocok Bandung adalah makanan berbahan dasar mie kuning dan toge, yang diberi kuah panas dari kaldu kaki sapi yang berasa lemaknya dan diberi toping potongan kaskus kecil. Rasanya panas dan segar, dan kalau anda pencinta pedas tinggal tambahkan sambel yang akan membuat lidah dan dahi kita berkeringat.

Mie Kocok Made in Bandung

8. Perkedel Bondon Bandung
Perkedel Bondon ini sih katanya nih semacam sebutan bagi pekerja seks komersial di  kota kembang makanya dinamakan perkedel bondon, selain itu juga kenapa di beri nama Perkedel Bondon mungkin karena bentuknya yang bahenol (besar) hehehehe,,,, 
Perkedel Bondon terbuat dari kentang yang dimasak atau digoreng di atas tungku api, dan bahan bakar untuk menyalakan api/baranya menggunakan kayu atau arang. Mungkin cara memasaknya ini lah yang membuat Perkedel Bondon ini sangat nikmat disajikan panas panas dan dengan sambal saja sudah cukup untuk menemani nasi sebagai lauk untuk bersantap.

Perkedel Bondon Made in Bandung

9. Lotek Bandung
Lotek hampir sama dengan pecel, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal di samping kacang seringkali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih. Secara umum, lotek terasa lebih manis daripada pecel. Selain itu, kalau sambal pecel bumbu sudah dicampur sebelumnya, untuk lotek bumbu baru ditambahkan ketika akan dihidangkan. Lotek dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat, disertai dengan kerupuk dan bawang goreng.
Lotek Made in Bandung

10. Colenak Bandung
Colenak adalah singkatan dari dicocol enak (bahasa sunda),merupakan makanan yang dibuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Makanan khas Bandung yang masih bertahan meski saat ini agak jarang yang menjualnya. Karena kandungan gula di dalam tape maka tape tersebut mudah gosong, meski ini adalah bagian yang terenak bagi beberapa orang.
Colenak Made in Bandung

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Kuliner Masakan Indonesia © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes